The Ghost Community

0 Berbagai Sebutan Penyihir di Dunia

WITCH

Witch atau witchcraft itu adalah wanita yang menggunakan magic dlm bentuk roh netral atau bisa juga kutukan  tapi magicnya itu digunakan sebagai black magic alias untuk niat yang buruk, dia ini rivalnya wizard. Kalau dalam movie atau game, dia itu lebih digambarkan wanita tua yang mengenakan pakaian hitam sama topi penyihir, juga pakai sapu terbang dan adegan paling mainstreamnya yaitu aduk2 ramuan di kuali . Trus ada ga witch yang laki? sebenernya ada karena kata witch itu unisex word, tapi yang ane baca2, witch itu lebih dominan untuk sebutan penyihir wanita jahat. 

*


WIZARD


Wizard itu kebalikan dari witch. Dia juga penyihir yang menggunakan kekuatan roh, spirit bahkan juga bisa menyihir benda2 di sekitarnya beberapa juga menggunakan gulungan atau kertas (spellbooks) untuk sihirnya tapi bedanya dengan witch, wiz menggunakan magicnya pada jalan yang benar. Karena magicnya digunakan secara bijak dan baik, umumnya kekuatannya jadi lebih powerful dibandingkan si witch, 1 - 0 for the good guy .
Kata wizard sendiri itu dari wise dan ard, bijak. Untuk gendernya, bisa female atau male, tapi tidak gabungan keduanya 
Lalu para wizard ini cenderung mendapatkan kemampuannya dengan cara belajar, bukan alami, 11 12 dengan harry potter lah ya  

*


WARLOCK


Jika mendengar kata warlock, di pikiran ane itu menggambarkan dia sebagai penyihir pria yang jago perang . Yup, mereka para warlock ini hampir mirip dengan witch, bedanya mereka menggunakan roh atau spirit yang memang jahat yang digunakan untuk kekuatan mereka, berbeda dengan witch yang menggunakan spirit netral tapi disalahgunakan.
Warlock ini karena kekuatannya, juga bisa men-summon creatures jahat dari dunia lain dan demon2 gitu. Yah kalau diilustrasikan seperti hero dota 2 warlock . Sebutan warlock sendiri itu lebih sering untuk penyihir laki yang jahat, penghianat, pembunuh, yah intinya buruk.

*


SORCERER


Sorcerer itu penyihir.. iya penyihir  yang mirip dengan wizard bedanya kalau wizard kalo udah menguasai 1 "bidang" magic dia akan menekuninya sementara klo sorc itu dia belajar bidang atau "jurusan" magic yg lain lagi, mungkin ini penyebabnya beberapa sorc bisa mengendalikan beberapa elemental magic, kyk es, api, listrik dll, karena bidangnya lebih banyak dari wizard. Lalu perbedaan lainnya, sorc dapat menggunakan magic tanpa buku/spellbooks, sementara wizard cenderung menggunakan mantra melalui spellbooks
Sorc bisa berkonotasi ke penyihir baik atau jahat tergantung relatifitas cerita . Untuk gender sendiri bisa male dan female (sorceress) 

*


ENCHANTER


Enchanter itu lebih ke penyihir yang lebih memanipulasi pikiran lawan kayak mematuhi perintah, dll. Beberapa referensi juga bilang, mereka juga penyihir yang bisa memberi nasib baik atau buruk ke seseorang, juga dapat memberi ilusi dan halusinasi. Jadi bisa dibilang kemampuannya lebih ke spirit-body si lawan kali ya 
Enchanter bisa female atau male, walau rata2 sih digambarkan female. Netral, kadang baik kadang buruk.

*


NECROMANCER


Berikutnya necromancer, yang paling membedakan dia dari yg lain adalah kemampuannya menggunakan alam kematian.
Dari namanya juga terlihat, necro = mati, Karena memampuannya itu, dia bisa menghidupkan orang mati, mayat, arwah dll, jadi penyihir ini masuk golongan jahat. 
Mungkin dari semua golongan penyihir jahat, dia yang paling serem ya.Necromancer cenderung digambarkan laki, walau ada sebagian yg cewek

*


ALCHEMIST


Alchemist..hmm pasti sebagian udah pada tau kemampuannya apa. Yup, kimia, mereka penyihir tapi juga ahli kimia  berarti pinter2 ya. Kemampuannya yg paling menonjol ya bisa membuat berbagai macam ramuan, potion, pelet  hmm mirip farmasi.
Si alchcemist ini mungkin dapat disandingkan dengan wizard, yg notabene nya juga butuh belajar ilmu per-magic-an. 
Dan entah saat menulis ttg alchemist ini saya teringat FMAB 

*


MAGICIAN


Lalu ada magician, ini sebenernya dia tidak begitu memiliki kemampuan khusus, dia hanya orang yang bisa menggunakan magic skala kecil saja. Makanya sebutannya magic ditambah ian. Beberapa info juga mengatakan, dia jago melakukan trik dan manipulasi, mungkin kenapa di era modern ini para pesulap disebut magician.

*


SAGE


Yang terakhir adalah sage. Dia ini adalah tingkat tertinggi dari wizard, mungkin bisa dibilang kalo wizard itu S1 kalau si sage ini udah menempuh S3  Kemampuannya tentu lebih powerful ketimbang wizard, beberapa memiliki kemampuan menjinakkan hewan, bbrp kemampuan elemental sorcerer. 

*


SHAMAN


Shaman gan, menurut ane dia juga penyihir, tinggalnya di beberapa suku2 tertentu . Biasanya sebelum mengeluarkan ilmunya, dia melakukan ritual2 dulu, kemampuannya yang paling sering itu ramalan dan penyembuhan tradisional. cmiiw. Ciri khasnya dalam fiksi biasanya pake tongkat dengan tengkorak, trus pakai skull mask, dan atribut2 kesukuan lainnya. 

*

SEER


Lalu ada lagi namanya seer. Kemampuan yang paling utamanya adalah melihat masa depan. Biasanya ga terlalu memfokuskan diri untuk menjadi kuat alias memilih membimbing dan menolak semua gift serta kesempurnaan yang ditawarkan. Di fiksi dia lebih digambarkan wanita yang sering meramal menggunakan bola kristal itu gan. Sering disebut oracle

0 komentar:

Posting Komentar